• Panggilan Hati Menjadi Pengajar di Bukit Terpencil


    Tanpa ada kebahagiaan, apapun yang kita lakukan akan terasa hambar, membosankan, juga melelahkan. Namun membaca kisah dan panggilan hati putra-putri NTB memiliki semangat tinggi untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di dusun-dusun terpencil melalui program SemangatLombok ini, tak ada keraguan sedikit pun untuk tidak optimis bahwa kita mampu bersama-sama menebar "semangat" sebagai landasan untuk bukan hanya bangkit tetapi memberikan kontribusi bagi pendidikan.

    Terima kasih kepada para GURU yang telah menyalakan lentera peradaban.


    ------------

    "Saat saya melaksanakan Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) di Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari tahun 2017 lalu, suatu hari saya dan teman- teman melakukan survey ke salah satu dusun yang berada jauh dipuncak bukit yaitu dusun Geripak, sepulangya sekitar jam 2 siang, ditengah jalan bukit yang menanjak dan saat itu jalannya masih tanah setapak kami bertemu 2 anak yang baru pulang sekolah, satunya perempuan berseragam SMP dan satunya laki-laki berseragam SD, saya bertanya rumah mereka dimana dan sekolah dimana dan ternyata mereka dari dusun Geripak dan Sekolah di Desa Jeringo, mereka jalan kaki setiap hari naik turun bukit bahkan bukan bukit tapi gunung kemudian berjalan ke Desa Jeringo yang jaraknya bukan lumayan tapi sangat sangat dan sangat jauh, bagaimana kalau Hujan dan jalan itu diapit bukit dan sungai bagaimana kalau longsor. Saya menangis saat itu dan saat saya tahu ternyata siswa saya pun di SDN 2 Gelangsar sebagian melakukan hal yang sama. Namun Saat itu kami mengadakan Les bahasa inggris & arab di Musholla dusun Gelangsar dan mereka sungguh sangat antusias, itu membuat saya tersenyum bahagia. Disisi lain, anak- anak diluar sana sibuk dengan prestasi mereka, pulang pergi dari luar negeri untuk menjemput cita- cita mereka. Sedangkan adik- adikku di Gelangsar dan tempat- tempat lainnya seolah tersembunyi dari hiruk pikuk Globalisasi. Apalagi saat gempa bumi melanda dan tidak ada apapun yang tersisa untuk mereka kecuali ketakutan dan kepasrahan. Merekalah generasi selanjutnya yang akan bertanggung jawab atas Negeri ini, lalu apa jadinya Negeri ini jika mereka saja kesulitan mendapat pendidikan yang layak. Dunia tidak hanya untuk orang “kota” saja. Itulah alasan untuk setiap orang yang memiliki ilmu di dunia ini harus mengajarkannya kembali."

    [Kisah mengajar di Gelangsar, dikutip dari salah satu esai kandidat relawan
    Pengajar periode Q1 2019, Mitha Aini]

    ---------------
    Berpartisipasi dalam Program SemangatLombok

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Bergabung Menjadi RELAWAN

    Kami mengundang anak-anak muda dari Lombok maupun daerah lain untuk berkarya dan mengoptimalkan potensi yang ada dengan berbagi, belajar bersama, dan mengambil bagian dalam stimulasi pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di Lombok.

    POSKO

    Jl. TGKH Zainuddin Abdul Majid No 49, Pancor - Lombok Timur

    EMAIL

    semangatlombok.org@gmail.com
    crast@tauhid.or.id

    WHATSAPP

    +62 821 4383 4848
    +62 812 3555 8308